BLACKBERRY PIN 27281A25 HOTLINE SMS 0856.4712.9966

Cara Membuat Sabun Herbal

August 27th, 2013Artikel0 Comments »

Cara Membuat Sabun Herbal

Membuat sabun mandi bukan merupakan hal yang sulit, namun membuat sabun mandi membutuhkan ketelitian dan ketekunan agar bisa menghasilkan sabun dengan kepadatan yang pas. Cara membuat sabun herbal atau sabun mandi bisa dibagi menjadi 3, yaitu dengan Hot Proces, Cold Proces dan Melt and Pour.

Cara Membuat Sabun Herbal dengan Mudah

hasil jadi dari proses pembuatan sabun herbal

hasil jadi dari proses pembuatan sabun herbal

1. Hot Proces

Siapkan wadah, sendok, cetakan, timbangan, pisau dan lain-lain. Demikian juga dengan perlengkapan keselamatan seperti sarung tangan, masker, alas meja dan bahan-bahan lainnya. Kemudian anda dapat menimbang kaustik soda sesuai dengan resep yang anda punya. Lalu tuang kedalam air hingga benar-benar larut. Hindari Menuangkan air kedalam kaustik soda.

Setelah itu ukur minyak yang anda pilih (bisa menggunakan minyak sawit, minyak zaitun atau minyak yang lain) lalu masukkan kedalam panci dan lelehkan. Setelah itu, tuangk larutan soda sabun ke dalam panci dan aduk terus. Aduk dengan kecepatan stabil. Apabila proses yang dilakukan benar maka larutan akan bewarna putih keruh dan kental. Jika sudah mengental, tutup pancinya dan kemudian panaskan sebentar. Sabun akan berubah warna menjadi bening seperti vaselin. Apabila adonan sudah bewarna demikian maka telah siap dicetak.

2. Cold Proces

Cara pembuatan sabun herbal denagn cold proses sangatlah mudah, karena anda hanya perlu mencampur beberapa bahan saja tanpa memerlukan proses pemanasan seperti hot proses diatas.

Takar semua bahan sesuai dengan ukuran yang anda pergunakan. Lalu siapkan cetakan sesuai dengan bentuk yang anda inginkan. Masukkan kaustik soda kedalam air lalu ukur suhunya. Apabila suhu telah turun masukkan larutan kaustik kedalam campuran minyak
Selama proses pengadukan masukkan bahan tambahan yang diinginkan. Tuang kedalam cetakan lalu tutup dengan kain atau handuk. Lalu diamkan selama 1 hari. Keluarkan dari cetakan lalu potong-potong.

Apabila ingin menambahkan tambah buah-buahan, susu, madu. Apabila anda ingin membuat sabun anggur maka tambahkan jus anggur (anggur diblender).

3. Melt and Pour

Sabun dasar yang bening dapat dibeli dalam bentuk balok besar dan dapat dilelehkan, diwarnai dan diberi pewangi dan kemudian dicetak. Jenis sabun ini diberi nama “Lelehkan dan Tuangkan” sedangkan seni melelehkan dan menuangkan sabun ini disebut “Penuangan Sabun”. Cara ini sangat popular karena mudah dilakukan, karena tidak memerlukan perlengkapan keselematan, bahkan anak-anakpun dapat mengerjakannya.
Andapun dapat membuat sabun dari parutan sabun dasar. Cara ini dilakukan melalui proses dingin terlebih dahulu kemudian baru ditambahi alcohol untuk menjernihkan dan gliserin serta gula untuk melarutkan dan meningkatkan kejernihannya. Proses ini sangat berbahaya karena adanya uap alkohol.

« Pembelian Grosir Sabun Herbal Kinasih
Pemutih Badan Secara Alami »

Post tags

No Comments