BLACKBERRY PIN 27281A25 HOTLINE SMS 0856.4712.9966

Proses Pembuatan

Proses Pembuatan Sabun

Pada dasarnya proses pembuatan sabun itu sangatlah mudah, tentu saja apabila kita tahu bagaimana caranya. Dalam proses ini, cara membuat sabun bisa dilakukan dengan tiga cara. Apa saja sih? Yuk simak.

Proses Pembuatan Sabun Mandi dengan “Hot Process”

Pembuatan sabun dengan proses pemanasan butuh keakuratan dalam persiapannya. Jangan lupa siapkan dasar seperti seperti wadah, sendok, cetakan, timbangan, pisau sarung tangan, masker, alas meja dan bahan-bahan lainnya.

Apabila ini kali pertamanya anda mencoba proses pembuatan sabun maka gunakan sedikit saja bahan tambahan. Selalu gunakan masker, kacamata, baju lengan panjang, sarung tangan dan kacamata. Langkah selanjutnya adalah memasukkan kaustik soda kedalam air, bukan air kedalam kaustik soda.

Lelehkan minyak kedalam panci dan tuang kaustik soda tadi, kemudian aduk terus. Apabila dalam proses ini pengadukan adonan pembuatan sabun benar maka adonan akan berubah warna menjadi krem dan keruh. Aduk terus hingga mengental kemudian panaskan sebentar dengan panci tertutup. Proses pembuatan sabun dalam tahap ini telah selesai.

Sebelum dingin tambah minyak esensial dan pewarna (ingat, gunakan selalu pewarna yang aman). Langsung masukkan ke cetakan sebelum dingin. Setelah dingin keluarkan dari cetakan dan potong sesuai keinginan. Proses pembuatan sabun dengan cara hot proses telah selesai dilakukan.

Kami akan menjelaskan proses pembuatan sabun yang lain dalam artikel